Klinik Apollo – Momen yang menunjukkan benjolan ada di buah zakar bukanlah sesuatu yang baru. Dengan kata lain, kondisi tersebut sudah sering terjadi.

Ketika buah zakar atau testis yang benjol dipegang atau terpegang, sensasi nyeri akan dirasakan oleh orang yang mengalaminya.

Walau tidak membahayakan pada banyak kasus, pengidap yang mengalami benjolan di buah zakar memerlukan bantuan untuk mengetahui penyebabnya.

Setelah memperoleh hasil pemeriksaan, dokter akan mengobatinya. Yang menjadi pertanyaan, apa penyebab dan bagaimana penanganannya?

>> Konsultasi Online Gratis di Sini <<

Jadi, Inilah Sejumlah Penyebab Benjolan di Buah Zakar

Buah zakar yang tidak bersih atau terkena efek dari pola hidup yang tidak sehat sangat berisiko terkena berbagai permasalahan kesehatan.

Umumnya, benjolan yang muncul disebabkan oleh akumulasi cairan, infeksi, atau pembengkakan pada kulit atau pembuluh darah.

Sayangnya, banyak yang masih belum tahu bahwa kondisi kesehatan yang lebih serius juga dapat menyebabkan benjolan di buah zakar. Berikut berbagai penyebabnya.

1. Varikokel

Varikokel adalah kondisi yang mirip dengan varises di kaki. Namun, juga bisa muncul di sekitar buah zakar.

Meskipun penyebabnya belum pasti, para peneliti berpendapat bahwa gangguan pada katup vena mungkin menjadi pemicunya.

Banyak yang mengaitkan varikokel dengan masalah kesuburan pada pria.

Selain benjolan, varikokel dapat menimbulkan nyeri yang berulang, pembesaran skrotum, pembengkakan vena, dan sebagainya.

2. Kutil Kelamin

Ada satu penyebab lain yang perlu diwaspadai terkait benjolan di buah zakar, yakni kutil kelamin.

Kutil kelamin yang menyebabkan buah zakar benjol ini, berbeda dari tonjolan lain yang mungkin tersembunyi di dalam–biasanya terlihat jelas di permukaan kulit.

Penyakit menular seksual (PMS) ini disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV) yang mana penting untuk diatasi supaya gejalanya hilang.

3. Orchitis

Orchitis, sebuah yang menunjukkan peradangan pada buah zakar. Bakteri atau virus dapat menyebabkan infeksi.

Umumnya, orchitis muncul sebagai komplikasi dari penyakit gondongan (mumps). Penderita kondisi ini biasanya mengalami nyeri dan pembengkakan di sekitar testis.

Selain nyeri dan bengkak, demam, kelemahan, serta mual dan muntah pun dapat menyertai pengidap.

Orchitis yang tidak diobati dengan baik dapat mengganggu kesuburan pria. Jadi, pengobatan tepat waktu sangatlah penting.

4. Kanker di Buah Zakar

Kanker testis terjadi ketika sel-sel normal dalam testis mengalami perubahan menjadi sel tumor yang ganas.

Gejala yang biasanya muncul termasuk benjolan yang keras atau pembesaran pada buah zakar.

Sensasi tidak nyaman dan sensasi seperti tertusuk-tusuk bisa menyertai.

Gejala sistemik lainnya mungkin meliputi penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, serta pegal di pinggang atau organ lainnya.

Sadarilah bahwa benjolan di testis perlu Anda perhatikan. Kesembuhan lebih mungkin tercapai jika kanker terdeteksi dan tertangani sejak dini.

Selain itu, penanganan dini juga dapat membantu mencegah komplikasi serius seperti gangguan kesuburan.

Kemudian, Begini Cara Mengatasi Benjolan di Testis

Setelah mendeteksi adanya benjolan di testis, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter urologi.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik serta melakukan tes tambahan jika perlu. Misalnya, tes ultrasound untuk memastikan jenis benjolan tersebut.

Setelah proses identifikasi selesai, dokter akan mengatasi benjolan di testis dengan cara yang bergantung pada penyebabnya. 

Jika terkonfirmasi sebagai tanda kanker, dokter mungkin akan merujuk pasien untuk menjalani operasi pengangkatan tumor (orchiectomy), kemoterapi, atau radioterapi.

Apabila benjolan muncul karena kondisi non-kanker, seperti varikokel atau kista, penanganannya mungkin berbeda.

Varikokel, misalnya, dapat diobati dengan prosedur bedah atau tindakan non-bedah seperti embolisasi.

Untuk kasus akibat kutil kelamin, dokter dapat mengatasi benjolan di testis dengan obat topikal, prosedur pengangkatan kutil dengan krioterapi, atau metode lainnya.

Sementara itu, pada kasus orchitis, penyembuhan dapat mencakup pemberian antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri dan istirahat serta perawatan suportif lainnya.

Ingatlah bahwa hanya dokter spesialis yang dapat memberikan rekomendasi pengobatan yang sesuai.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mereka untuk mendapatkan perawatan yang tepat terkait permasalahan di buah zakar.

Artikel Terkait: Peradangan Testis? Pahami Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Jangan Bingung! Konsultasikan Saja Benjolan pada Buah Zakar di Klinik Apollo

Anda tidak perlu bingung lagi saat buah zakar mengalami masalah! Anda bisa berkonsultasi di klinik yang terpercaya.

Klinik Apollo adalah klinik di Jakarta yang dapat memberikan pelayanan, seperti konsultasi gratis dan pengobatan dengan biaya terjangkau.

Anda dapat berkonsultasi secara langsung mengenai benjolan di buah zakar dengan Dokter Klinik Apollo tanpa takut privasi terganggu.

Hubungi kami melalui WhatsApp di nomor 081212306882 atau kunjungi kontak kami pada website untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

Senin – Minggu 10.00 – 20.00

VISI & MISI

Mengedepankan sisi profesionalisme dalam bekerja serta mengedepankan kode etik kedokteran dan pengobatan penyakit kelamin untuk kesembuhan pasien secara menyeluruh.

Menjadi klinik spesialis kelamin dengan pelayanan kesehatan terbaik yang mengedepankan profesionalisme, keilmuan serta orientasi pasien sehingga dapat tercapai kesehatan yang berkualitas.

Butuh Bantuan Kami?

Segera konsultasikan penyakit kelamin Anda di Klinik Apollo.